Pemberian Obat cacing di SDN 2 Lubawang

Pemberian obat cacing di SD Negeri 2 Lubawang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 29 februari 2024, yang menjadi sasaran pemberian obat cacing yaitu dari siswa siswi kelas 1 sampai kelas 6. Idealnya pemberian obat cacing dilakukan satu tahun 2 kali, atau enam bulan sekali, yang bertujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi.

Obat cacing adalah golongan obat untuk mengatasi infeksi cacing, baik pada usus maupun organ tubuh lain. Obat antihelmintik dapat ditemukan dalam bentuk sediaan tablet, tablet kunyah, tablet isap, serbuk, dan suspensi atau sirup.

Akibat anak tidak diberikan obat cacing  dapat menimbulkan anemia, diare dan gangguan respon imun. Anak yang menderita infeksi cacing mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi, gangguan tumbuh kembang dan penurunan prestasi belajar. Ada beberapa jenis cacing yang bisa menimbulkan infeksi pada anak.

Pemberian obat cacing dilaksanakan pada bulan februari dan agustus selain juga bulan pemberian vitamin A juga merupakan bulan Pemberian Obat cacing.